TURBO CHARGER
Mengenal Turbocharger pada
Engine Alat Berat
Definisi
Turbocharger adalah alat pemampat udara tekanan tinggi yang didesain untuk memanfaatkan energi gas buang hasil pembakaran mesin guna menambah daya mesin
Turbocharger adalah alat pemampat udara tekanan tinggi yang didesain untuk memanfaatkan energi gas buang hasil pembakaran mesin guna menambah daya mesin


Prinsip Kerja

Gas buang
hasil pembakaran dari lubang exhaust menggerakkan kipas turbin dan poros yang
terhubung dengan kipas kompresor (sehingga bila kipas turbin berputar maka
kipas kompresor juga akan bergerak pula).
Ketika
kipas kompressor berputar, udara bersih dari air inlet dipaksa masuk dengan
tekanan tinggi kedalam ruang pembakaran melalui kipas kompresor. Dengan
konsentrasi volume udara per kubik oksigen lebih tinggi dan perbandingan udara
bahan bakar yang optimum, akan menjadikan pembakaran lebih sempurna, sehingga
membuat mesin bekerja lebih optimal.
Keuntungan
menggunakan turbocharger
- Meningkatkan daya kerja mesin dan torsi
- Bahan bakar lebih irit
- Mengurangi kadar emisi gas buang
- Menjadikan mesin lebih kompak, ringan dan bertenaga

Turbocharger sebagai Barang Ekslusif
![]() |
Temperatur kerja mencapai 900° C
|
|
![]() |
Kecepatan Rotasi Mencapai 270.000 rpm
|
|
![]() |
Toleransi Bearing 0.003 inchi
|
Aplikasi Turbocharger Development pada Unit Komatsu
NO
|
APPLICATION
|
TURBO
|
PARTS
NUMBER |
|
Unit
|
Engine
|
Model
|
||
Model
|
Model
|
|||
1
|
D85E-SS-2/2A
|
S6D125-2
|
GARRETT
|
6151-81-8500
|
2
|
D65EX/PX/P-12
|
S6D125-2
|
GARRETT
|
6151-82-8500
|
3
|
D85E-SS-1
|
S6D125-2
|
GARRETT
|
6152-81-8210
|
4
|
PC200-5
|
S6D95L-1
|
GARRETT
|
6207-81-8210
|
5
|
PC100-5
|
S4D95L-1
|
GARRETT
|
6205-81-8110
|
6
|
PC100-6
|
S4D95L-1
|
GARRETT
|
6205-81-8150
|
7
|
WA180-1
|
S6D95L-1
|
GARRETT
|
6207-81-8130
|
8
|
GD510R-1
|
S6D95L-1
|
GARRETT
|
6207-81-8130
|
9
|
PC300-6
|
SA6D108-2
|
SCHWITZER
|
6222-83-8170
|
10
|
PC200-6
|
S6D95L-1
|
SCHWITZER
|
6207-81-8331
|
11
|
PC200-6
|
S6D102E-1
|
HOLSET
|
6735-81-8300
|
12
|
PC100-6
|
S4D102E-1
|
HOLSET
|
6732-81-8052
|
13
|
HD465-5
|
SA6D170-1C
|
GARRET
|
6162-83-8202
|
Turbocharger
yang digunakan pada engine Komatsu atau peralatan lain yang diageni oleh United
Tractors antara lain :
1. Nippon Garret Co; dikenal dengan code T, TV .. diikuti angka
=T-31, TV77
2. Komatsu; dikenal dengan kode KTR, artinya K=Komatsu,
TR=Turbocharger dan angka di belakangnya menyatakan diameter dari blower
impeller, misal KTR 110, KTR 130, KTR 150 dst.
3. Holset; dikenal dengan kode HX, misalnya : HX30 dan HX35.
4. Schwitzer; dikenal dengan kode S, misalnya : S 2B
Material Penyusun Turbocharger

Analisa Kerusakan Turbocharger dan Penyebabnya
Menurut
penelitian terdapat beberapa penyebab kerusakan pada turbocharger :
a. Pelumas yang kurang baik &tidak tepat = 70%
b. Gangguan benda asing (kerikil,pasir,lumpur,serpih/potongan
logam) = 13%
c. Temperatur gas buang terlampau tinggi. = 10%
d. Kedudukan atau pemasangan komponen yang kurang tepat. = 2%
e. Kerusakan normal, trouble pada engine yang layak = 5%
Sebagian
besar kerusakan turbocharger akibat adanya pelumasan yang kurang baik, sehingga
apabila kita memberikan perhatian pada sistem pelumasan kita akan dapat
mempertahankan turbocharger dari kerusakan lebih dini.
Penggantian
oli dan filter secara periodik dan penggunaan oli sesuai buku pedoman dari
pabrik akan sangat membantu terpeliharanya turbocharger.
Berikut contoh kerusakan-kerusakan dini pada turbo akibat pelumasan yang kurang baik :
Berikut contoh kerusakan-kerusakan dini pada turbo akibat pelumasan yang kurang baik :
![]() |
![]() |
|
![]() |
![]() |
Kerusakan
turbocharger selain akibat adanya sistem pelumasan yang kurang baik juga dapat
diakibatkan oleh adanya benda asing asing yang masuk ke turbin atau compressor
housing dan menghantam kompresor atau turbine wheel.
Hal tersebut akan menyebabkan tidak efisien dan tidak balance-nya putaran turbocharger.
Hal tersebut akan menyebabkan tidak efisien dan tidak balance-nya putaran turbocharger.
Berikut
contoh kerusakan-kerusakan dini pada turbocharger akibat benda asing :
![]() |
![]() |
Tips hari ini :
Sebagai informasi, kita bisa menemukan parts OEM di pasaran, namun kita harus memberikan peringatan ke customer mengingat bahwa product OEM yang pernah kita temukan dari hasil market research Parts Division :
Sebagai informasi, kita bisa menemukan parts OEM di pasaran, namun kita harus memberikan peringatan ke customer mengingat bahwa product OEM yang pernah kita temukan dari hasil market research Parts Division :
- ditemukan parts OEM palsu
- ditemukan juga parts OEM ex-rebuild yang diaku penjualnya sebagai parts brand new
Komentar
Posting Komentar